RSS

CIRI-CIRI PENIPUAN BERKEDOK LOWONGAN KERJA

11 Mei

1. Lowongan yang dibutuhkan sangat banyak dan mulai dari berbagai tingkatan yaitu dari SLPT, SMA, D1, D3 sampai ke lulusan perguruan tinggi alias S1.
2. Biasanya lowongan disebar lewat brosur-brosur kecil dijalanan atau ditempel ditembok-tembok, tapi ada juga sih yang dimuat disurat kabar yang hanya mencantumkan no hp. atau contac person sehingga sang pelamar bisa melamar hanya dengan SMS.
3. Kantor nya biasanya hanya berbentuk ruko atau sejenis dengan itu. Coba bayangkan yang katanya membutuhkan banyak tenaga kerja, namun kantornya sangat sangat sederhana, benar-benar tidak masuk logika. Meskipun mereka kadang berdalih jikalau akan membuka cabang baru.
4. Suasana dikantor itu penuh dengan orang yang sedang diwawancara setiap hari dan disetiap ruangan.
5. Lowongan yang dibuka terlalu lama berbulan-bulan bahkan sampai menahun. Sewaktu penulis duduk di bangku kelas 2 SMA, penulis pernah menemukan selebaran lowongan kerja yang membutuhkan banyak tenaga kerja mulai dari lulusan SLTP, SMA, D1, D3 sampai ke lulusan perguruan tinggi alias S1. penulis hapal betul dengan nama PT nya, bahkan sengaja menyimpan selebaran yang kecil itu. Setelah lulus dari SMA penulis kembali menemukan selebaran yang sama, dengan nama PT yang sama dan alamatnyapun masih sama bahkan lowongan yang dibutuhkan masih sama, namun dengan sedikit perubahan di tataletak dan contac person nya. Masa sih lowongan yang sudah bertahun-tahun belum terisi juga. Memangnya sebesar apa perusahaan?. Ketika didatangi kantoranya hanya sebuah ruko dijajaran pertokoan dan Mall di Bandung. Baca pengalaman penulis melamar ke PT. “X”.
6. Pelamar diminta untuk langsung datang interview, tidak melalui email atau POS.
7. Pewawancara tidak begitu detail menjelaskan jenis perusahaan dan jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkan.
8. Pelamar diminta untuk membayar sejumlah uang dengan dalih itu adalah biaya administrasi yang harus dipenuhi untuk menjalani tes seleksi. Logika saja yah, orang kita nyari kerja untuk nyari duit eh ini kok malah disuruh ngeluarin duit. Lagi pula semua biaya dalam hal perekrutan pegawai semuanya ditanggung oleh perusahaan, tidak ada sangkut pautnya dengan calon pegawai.
9. Jangan salah banyak juga orang yang berpendidikan tinggi yang juga tertipu dengan modus ini. Jadi jangan tertipu hanya karena orang yang mewawancarai kita bergelar SE. SH. Sos, MM., atau gelar-gelar lainnya. Atau jangan-jangan gelar-gelar itu juga palsu.
Tetap berhati-hati yah kawan.. nah biar gak salah langkah nggak ada salahnya kita lihat beberapa trik untuk menghindari penipuan bermodus lowongan kerja ini. Point-point diatas hanya indikasi gejala kemungkinan terjadinya penipuan jadi sekali lagi hati-hati yah… waspadalah… waspadalah….. (kayak Bang Napi aja deh….. he..he..)

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 11, 2012 in Uncategorized

 

Tag:

3 responses to “CIRI-CIRI PENIPUAN BERKEDOK LOWONGAN KERJA

  1. Cleverior

    Mei 13, 2012 at 10:59 pm

    waahh nice share gan.. bermanfaat bgt nih artikelnya..

     
  2. eijiho

    Mei 14, 2012 at 1:16 am

    terima kasih atas comment dan kunjungannya……

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: