RSS

PENIPUAN BERKEDOK LOWONGAN KERJA

11 Mei

Bagi kawan-kawan yang masih menganggur, baru lulus dan sedang mencari pekerjaan, hati-hati dengan penipuan yang berkedok lowongan kerja.
Biasanya si PT. “X” ini mencantumkan lowongan pekerjaan mulai dari lowongan untuk lulusan SLTP, SMA, D1, D3 sampai ke lulusan perguruan tinggi alias S1. Hal ini pernah dialami sendiri oleh penulis serta beberapa teman penulis. Penulis yang berniat mencari pekerjaan yang halal mencoba peruntungan dengan ikut interview, Ketika didatangi kantoranya hanya sebuah ruko dijajaran pertokoan dan Mall di Bandung. Dalam interview itu si pewawancara tidak begitu detail menjelaskan jenis perusahaan dan jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkan. Saya hanya diminta untuk membayar sejumlah uang dengan dalih itu adalah biaya administrasi yang harus dipenuhi untuk menjalani tes seleksi, uang yang diminta memang tidak terlalu besar jumlahnya. Setelah berhasil masuk ke perusahaan itu ternyata pekerjaan yang dijanjikan adalah mencari pelamar sebanyak banyaknya. Coba kawan bayangkan, saya yang ingin bekerja pada perusahaan yang mapan, berharap menemukan perusahaan yang bisa mensejahterakan , eh ternyata saya hanya disuruh mencari pelamar lagi sebanyak-banyaknya. Tidak ada pekerjaan lain selain itu. Lantas apa sebenarnya perusahaan PT. “X” ini????????
Gaji? Gaji yang dulu dijanjikan di atas UMR lah apalah, itu hanya sebuah kebohongan yang nyata. Masalah gaji sangat tidak jelas. Kami hanya diperintah untuk mencari pelamar sebanyak-banyaknya, dan mendapatkan gaji dari uang yang dibayar oleh pelamar yang malalui jalur kami. PT. “X” ini biasanya memangpang lowongan pekerjaannya dikoran dengan kata begitu terbatas, hanya mencantumkan lulusan yang dibutuhkan juga hanya mencantumkan no hp. sehingga sang pelamar bisa melamar hanya dengan SMS. Selain dikoran juga banyak selebaran-selebaran yang ditempel ditembok ataupun brosur-brosur yang disebar dijalanan, dengan nama PT yang sama namun berbeda contac person nya. Namun belakangan PT ini sudah tidak terlihat lagi geliatnya dalam arti selebarannya sudah tidak pernah penulis temui lagi.
Nah belakangan ini tahun 2012, ada pula perusahaan atau PT yang memiliki modus yang sama, jadi berhati-hati yah kawan, kalian harus jeli mencari perusahaan yang tetap jangan langsung tergiur dengan janji-janji manis. Kamu harus mengenali ciri-ciri penipuan yang berkedok lowongan kerja.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 11, 2012 in Uncategorized

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: