RSS

kisah arwana 2

24 Feb
ikan arwana

ikan arwana

assalamu’alaikum
berjumpa lagi bersama eijiho, kali ini saya ingin sedikit berbagi hikmah dengan kawan-kawan semua. ada sebuah kisah 2 orang pemilik ikan arwana, tuan a dan tuan b.
kedua pemilik ikan arwana ini sama-sama mempunyai ikan arwana yang cantik dan gemuk. suatu hari keduanya membutuhkan uang, maka merekapun berniat untuk menjual ikan arwananya. tuan a tahu betul bahwa ikan arwana yang dimilikinya mempunyai nilai jual yang sangat tinggi di pasar ikan hias, maka iapun membawa ikannya untuk dijual di pasar ikan hias. tuan a tidak salah duga, ikan arwana yang ia jual ditukar dengan sejumlah uang yang sangat banyak sampai-sampai uang tersebut dapat memenuhi kebutuhan keluarganya bahkan melebihi dari harapannya.
namun berbeda halnya dengan tuan b, ia tidak tahu jika ikan arwana miliknya dapat bernilai jual tinggi. ia tidak tahu jika ikan yang ia miliki adalah ikan hias, ia hanya mengira bahwa ikan yang dimilikinya adalah ikan biasa karena itu ia menjual ikannya pada pedagang ikan panganan di pasar tradisional. dan ikan tersebutpun di nilai sesuai dengan berat badan si ikan. hanya beberapa ribu saja uang yang didapat oleh tuan b, untuk memenuhi kebutuhannyapun tidak cukup.
nah kira-kira menurut kalian dari kisah tuan a dan tuan b siapa yang lebih banyak menerima keuntungan, dan siapa yang dirugikan?
yang rugi tentulah tuan b yang tidak tahu potensi si ikan arwana sebagai ikan hias yang bernilai tinggi.
nah hal ini juga sama berlakunya untuk kita sebagai manusia. jika kita tidak tahu potensi kita yang sebenarnya bagaimana bisa kita mengharapkan penilaian yang tinggi di mata Allah sang Maha Pencipta. karena hanya orang-orang yang menfungsikan potensinya dengan benarlah yang akan mendapat penilaian terbaik di mata Allah.
nah kawan mari kita fungsikan semua potensi yang telah Allah berikan kepada kita dengan benar agar kita menjadi manusia yang bernilai di mata Allah.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 24, 2013 in enterpreneur

 

One response to “kisah arwana 2

  1. geroxs

    Agustus 12, 2013 at 1:41 am

    kisah yang sangat inspiratif…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: