RSS

Pengorbanan Nabi Ibrihom A.S

14 Agu

Oleh : Rahayu Setioningsih
Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil dari perjalanan hidup seorang Nabi Ibrohim A.S, namun kali ini kita akan membahas salah satunya saja yaitu ketika Allah hendak menguji keimanan Nabi Ibrohim.
Nabi Ibrohim sudah lama menantikan hadirnya seorang buah hati, dengan begitu sabar Ia menanti dan tanpa lelah berdo’a, Allah akhirnya mengabulkan permohonan Beliau. Lahirlah Ismail putra yang didamba sejak lama. Nabi Ibrohim begitu menyayangi sang putra. Maka saat itu pula lah Allah menguji keimanan Nabi Ibrohim. Lewat mimpi Allah memerintahkan Nabi Ibrohim untuk menyembelih Ismail putra kesayangannya. Nabi Ibrohim bingung apa yang harus Ia lakukan, Beliaupun menceritakan mimpinya kepada Ismail. Namun bukannya mengelak Ismail justru membenarkan perintah Allah itu, Jika memang itu adalah perintah Allah maka laksanakanlah ayah, ucap Ismail.
Begitu mendengar kepatuhan sang anak Nabi Ibrohim akhirnya memilih untuk melaksanakan perintah Allah.
Nabi Ibrohim diminta untuk mengorbankan hal yang paling Ia cintai yaitu Ismail. Setelah Allah melihat bukti keimanan Nabi Ibrohim maka Allah telah menyiapkan sebuah hadiah yang luar biasa indah. Ketika disembelih, Allah mengganti Ismail dengan seekor domba, dan yang disembelih Nabi Ibrohim adalah domba, sedangkan Ismail selamat berada disamping Nabi Ibrohim, Subhanallah..
Dari sinilah kemudian lahir Syariah Qurban, yang kita rayakan pada 10 Dzulhijjah.
Kawan sudah bisakah kita berkorban seperti Nabi Ibrohim ?
Terkadang mengorbankan waktu saja untuk menghadiri majelis ilmu kita masih pikir panjang, padahal apasih yang kita miliki di dunia ini ? Tak ada, harta, jiwa, raga, waktu itu semuanya milik Allah, apa pantas kita merasa keberatan untuk meluangkan waktu kita 10 menit saja untuk menunaikan Shalat ?
Yakin bahwa pengorbanan sekecil apapun jika itu menjadi menjadi bukti keimanan kita, maka Allah tidak akan menyianyiakannya, Allah akan menyiapkan sebuah hadiah terindah yaitu Surga.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 14, 2013 in enterpreneur

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: